Berita Unik Terbaru, Musik, Film, Gadget, Selebritis dan Olahraga

Friday, June 13, 2014

5 Pekerjaan Aneh dan Unik di Jepang dengan Gaji Tertinggi

5 Pekerjaan Aneh dan Unik di jepang dengan Gaji Tertinggi
Zaman sekarang pekerjaan apa pun bisa menjadi pilihan karir. Tak hanya pekerjaan konvensional di mana karyawan harus duduk di depan meja kantor sambil mengenakan setelan formal, pekerjaan yang sifatnya tidak mengikat seperti food traveller pun bisa menjadi pilihan karir. 
Terlebih lagi di Jepang. Di negara ini semua kegiatan bisa menjadi pekerjaan. Asal dilakukan dengan serius dan penuh dedikasi, profesi yang sepele seperti membersihkan toilet atau yang gila sekalipun akan mendapatkan penghargaan dari orang-orang di sekeliling.

Berikut ini 4 jenis pekerjaan aneh dengan bayaran tinggi yang hanya bisa Anda temui di Jepang seperti dilansir Rocketnews24 dan Merdeka:

1.Pencicip makanan anjing
Pencicip makanan anjing
Penasaran bagaimana para produsen makanan anjing menentukan formula rasa tepat yang akan disukai oleh anjing? Kalau perusahaan manufaktur pada umumnya mungkin melakukan uji coba dengan memberikan makanan produksi mereka kepada anjing, di Jepang proses pencicipan ini bisa dilakukan oleh manusia, lho. Sesuai yang Anda bayangkan, perusahaan manufaktur makanan hewan menggaji seorang profesional untuk mencicipi makanan anjing buatan mereka dan meminta sarannya untuk penyempurnaan formula. 

Terdengar menjijikkan? Meskipun begitu ternyata bayaran untuk profesi yang sepintas terdengar konyol ini cukup tinggi, yaitu antara 10.000 yen sampai 20.000 yen per hari. Dan sekadar informasi, harga sewa apartemen termurah di Jepang selama sebulan adalah 5.000 yen.

2.Spesialis bau busuk
Spesialis bau busuk
Nama resmi untuk profesi ini adalah Olfactory Measurement Operators. Olfactory Measurement Operators termasuk pekerjaan resmi yang dibawahi oleh pemerintah. Tugas dari spesialis bau busuk adalah menemukan sumber bau tak sedap berdasar laporan warga. Tak cukup sampai di situ petugas pencari bau busuk tadi harus memastikan agar bau tidak sedap yang berhasil dia temukan bisa diisolasi sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan lingkungan di sekitarnya sampai penanganan lebih lanjut bisa dilakukan. 

Saat ini Jepang memiliki setidaknya 2.000 spesialis bau busuk yang tersebar di berbagai daerah. Kenapa jumlah orang yang menekuni profesi ini terhitung sedikit? Sebab dibutuhkan sertifikat khusus untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini. Perlu Anda ketahui, Jepang adalah satu dari beberapa negara di dunia yang menerapkan peraturan tentang bau di lingkungan masyarakat. Nama peraturan tersebut adalah Undang-Undang Pengendalian Terhadap Bau Menyengat. Karena berkaitan dengan penegakan undang-undang, maka Olfactory Measurement Operators membutuhkan sertifikasi nasional. Jadi tidak sembarang orang yang bisa melamar pekerjaan sebagai spesialis bau busuk.

Mau tahu berapa gaji yang didapat oleh seorang spesialis bau di Jepang? 2,5 juta sampai 5 juta yen per tahun. Sementara gaji rata-rata pegawai di Jepang selama setahun menurut World Salaries adalah 3 juta sampai 4 juta yen per tahun.

3.Tamu pesta pernikahan
Tamu pesta pernikahan
Anda ingin mengadakan resepsi pernikahan tetapi jumlah tamu undangan yang bisa menghadiri resepsi tak cukup? Jangan khawatir. Anda bisa menyewa sejumlah orang untuk menjadi tamu undangan di pesta resepsi Anda. Di Jepang ada jasa persewaan yang bersedia menyewakan tamu untuk Anda. Benar, di negara ini ada beberapa perusahaan jasa yang bidang usahanya khusus menawarkan jasa penyewaan tamu undangan untuk pesta pernikahan. Dengan membayar sejumlah biaya, Anda akan mendapatkan tamu undangan yang bisa diminta untuk memberikan kata sambutan di hadapan para tamu (biasanya dalam resepsi pernikahan di Jepang ada pemberian kata sambutan dari kerabat mempelai), membantu di meja penerimaan tamu, atau berpura-pura menjadi rekan kerja dan kerabat mempelai.

Percaya atau tidak, dalam beberapa tahun belakangan bisnis seperti ini mulai marak di Jepang. Bayaran yang diperoleh oleh tamu 'palsu' seperti ini umumnya adalah 5.000 yen untuk setiap pesta pernikahan yang dihadiri. Tentu saja selain honor, si tamu juga bisa mendapatkan makanan dan suvenir gratis. Pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Modal yang dibutuhkan hanya pakaian resmi dan sedikit kemampuan berakting. Tertarik untuk mencoba?

4.Pencicip cuka
Pencicip cuka
Anda pernah mendengar profesi sommelier? Sommelier adalah ahli anggur profesional yang spesifikasi pekerjaannya adalah mencicipi anggur. Pekerjaan ini banyak ditemui di negara-negara penghasil minuman anggur seperti Italia dan Prancis. Sommelier adalah profesi yang membutuhkan keahlian khusus dan pengalaman bertahun-tahun. Tak jarang yang membutuhkan sertifikasi. Karena itulah profesi ini sangat dihormati dalam dunia kuliner.

Kalau di Eropa ada yang namanya wine sommelier, maka di Jepang ada vinegar summelier. Summelier berasal dari kata 'su' (bahasa Jepang untuk cuka) dan sommelier. Spesifikasi pekerjaannya sama dengan sommelier di Eropa. Hanya saja yang dicicipi bukan anggur, tetapi cuka. Profesi unik ini dilakoni oleh Mitsuyasu Uchibori, spesialis cuka pertama yang ada di Jepang. Pria paruh baya yang selalu tampil perlente saat sedang bekerja ini tugasnya adalah mencicipi cuka, menentukan tingkat kekentalan, dan derajat keasaman dalam produk cuka yang dibuat oleh perusahaan manufaktur atau usaha rumahan di Jepang.

Mitsuyasu Uchibori mendapatkan keahliannya dalam menilai cuka karena keluarganya memproduksi cuka di Prefektur Gifu selama lebih dari 130 tahun. Ketika ditanya berapa bayaran yang ia dapat untuk jasa pencicipan cuka yang ia lakukan, pria paruh baya ini menolak memberikan informasi. Tetapi, mengingat profesinya cukup dihormati di Jepang, pastinya honor yang ia dapatkan untuk satu kali pencicipan cukup tinggi.

5.Pembiak serangga
Pembiak serangga
Kalau pekerjaan yang satu ini mungkin tidak terlalu asing di telinga Anda. Di Indonesia, mengembangbiakkan serangga untuk tujuan komersial merupakan hal yang biasa. Tetapi pekerjaan seperti itu biasanya menghasilkan bayaran yang tidak terlalu besar. Kalau di Jepang, pembiak serangga bisa mendapatkan bayaran antara 3 juta sampai 5 juta yen. Tugasnya adalah merawat dan mengembangbiakkan segala jenis serangga, mulai dari yang menjijikkan seperti kecoak sampai yang mematikan seperti kalajengking, melakukan riset terhadap serangga-serangga yang dipelihara, dan menjualnya kepada konsumen. Tampaknya pekerjaan yang satu ini membutuhkan keseriusan lebih dari yang dibayangkan kebanyakan orang.

Itulah lima profesi aneh dengan bayaran tinggi yang bisa Anda temui di Jepang. Cukup unik, bukan?

5 Pekerjaan Aneh dan Unik di Jepang dengan Gaji Tertinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putra Tasik

0 comments:

Post a Comment