5 Makanan yang Ternyata bukan dari Indonesia

5 Makanan yang Ternyata bukan dari Indonesia
Selain punya ragam budaya, Indonesia juga memiliki makanan yang beragam. Makanan-makanan dari khas Indonesia pun cukup enak lagi melezatkan, salah satu yang paling terkenal adalah makanan dari daerah Sumatera Barat, Rendang, yang sempat jadi makanan terlezat di dunia.

Nah walaupun punya makanan khas, ternyata gak semuanya berasal asli dari Indonesia, contohnya adalah 5 makanan berikut ini:

1. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Makanan ini sudah sangat melekat di dalam sanubari orang Indonesia. Enak dinikmati kapan saja dan dimana saja. Tapi lebih resep lagi kalau dimakan di malam hari. Selain itu gak terlalu susah buat mendapatkan nasi goreng, karena hampir disetiap sudut pasti ada pedagang nasi goreng. Bahkan kalau kamu gak nemu tukang nasi goreng, kamu bisa bikin sendiri tuh nasi goreng.

Seiring dengan perkembangan jaman, nasi goreng pun mulai banyak variasinya mulai dari nasi goreng seafood, nasi goreng sosis, nasi goreng pete, nasi goreng kambing, nasi goreng bakso, nasi goreng ijo, nasi goreng merah, sampai nasi goreng gila.

Nasi goreng Indonesia emang terkenal lezat, bahkan artis-artis luar kalo lagi manggung di Indonesia salah satu makanan yang pengen dicoba adalah nasi goreng. Tapi tau gak kamu kalau ternyata nasi goreng itu berasal dari Tiongkok. Jadi nasi goreng ini udah ada sejak 4000 SM. Nasi goreng tercipta karena bangsa Tionghoa gak suka makan makanan dingin atau sisa kemarin. Jadi nasi dingin tersebut akhirnya digoreng lagi biar bisa dihidangin lagi ke meja makan. Nasi goreng pun tersebar ke Asia Tenggara lewat perantau-perantau Tionghoa.

2. Mie
Mie
Mirip kayak nasi goreng, Mie juga udah jadi bagian dalam kehidupan orang Indonesia. Kamu gak bakal sulit untuk menikmati mie di Indonesia, karena pedagang mie banyak banget jumlahnya. Sekali lagi kalaupun kamu gak nemuin si abang mie, kamu bisa gampang ngebikin mie lewat mie cepat saji yang sungguh sangat fenomal tersebut.

Tapi walaupun sudah gak bisa dilepaskan dari Indonesia, ternyata mie bukan berasal dari Indonesia. Makanan yang terbuat dari adonan tipis dan panjang yang digulung ini diklaim oleh Italia, Tiongkok, dan Arab sebagai negara penemu mie. Tapi sebuah tulisan tertua mengenai mie itu ternyata berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Jadi mungkin bisa dipastikan mie itu berasal dari Tiongkok. 

3. Siomay
Siomay
Salah satu makanan sampingan yang paling populer di Indonesia. Terbuat dari tepung, kulitnya dari kulit pangsit, dan isinya beragam. Ada yang isinya ikan, sapi, sampai babi, atau daging tikus (hueeek). Siomay juga didukung sama kol, kentang, tahu, telor, kacang, kecap, dan jeruk nipis. 

Wiiiih lejat banget. Kalau kamu dalam keadaan lapar padahal baru aja makan, siomay selalu jadi pilihan yang tepat buat manjain perut kamu.

Tapi kalau kamu negrasa siomay itu adalah makanan asli Indonesia, maka kamu salah, karena ternyata siomay itu ditemukan bangsa Mongolia Dalam. 

4. Soto
Soto
Kayaknya dari sabang sampe marauke ada banyak soto. Hebatnya bentuk, cara penyajian, dan rasanya beda-beda. Ada soto Betawi, soto Padang, soto Makasar, soto Pekalongan, soto Madura, soto Medan, soto sop, Aaaaaak. Ya pokoknya banyak deh soto di Indonesia. 

Walaupun kayaknya melekat banget sama Indonesia tapi ternyata soto itu berasal dari Tiongkok lho, yang awal nya bernama Caudo. Ada juga yang bilang soto adalah bentuk pembauran antara masakan Tionghoa, India, dan masakan lokal Indonesia.

5. Bakso
Bakso
Makanan yang terbuat dari daging yang diolah kemudian di bulet-buletin barengan terigu ini adalah makanan yang enak disantap dikala hujan. Dengan kuahnya yang panas, membuat badan kembali hangat walapun hujan mengingatkan kembali memori akan dirinya.

Bakso juga sudah menempel banget sama orang Indonesia, sampe-sampe ada lagu Abang Tukang Bakso.
Nah ternyata bakso juga bukan berasal dari Indonesia loh, melainkan berasal dari Tionghoa. Bakso berasal dari kata Bak-So, yang dalam Bahasa Hokkien yang berarti daging giling. Tapi buku masakan kuno Romawi banyak juga ngebahas tentang resep bakso. Wah jadi dari negara mana dong yang bener?

0 Response to "5 Makanan yang Ternyata bukan dari Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel