7 Hal Sumber Petaka di Jalan Raya yang tak Disadari

7 Hal Sumber Petaka di Jalan Raya yang tak Disadari
Mungkin banyak pengalaman yang kita alami selama berkendara di jalan raya. Terkadang kita miris melihat berbagai perilaku pengendara di jalan raya. Baginya mungkin tidak masalah, tetapi hal itu bisa menjadi masalah bagi pengguna jalan yang lain. Ada beberapa hal kecil yang tidak disadari pelakunya, tetapi hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang lain. Mau tau apa aja?

1. Pakaian pembonceng yang menutupi lampu kendaraan
Pakaian pembonceng yang menutupi lampu kendaraan
Hal ini sepele dan saya sangat sering melihatnya. Tanpa disadari oleh pelakunya, apa yang terjadi ini adalah sangat membahayakan pengendara yang di belakangnya, karena apa bila ia mengerem atau menyalakan lampu belok tidak akan terlihat pengendara di belakangnya. itu sangat berbahaya. dan sialnya, justru kemungkinan besar merugikan Pengendara dibelakangnya karena akan dianggap sebagai orang yang bersalah.

2. Naik kendaraan yang terlalu pelan di jalan raya
Naik kendaraan yang terlalu pelan di jalan raya
Keinginannya mungkin untuk berhati-hati, tetapi hal ini sangat membahayakan dirinya dan orang lain. Hal ini dikarenakan akan menghambat laju kendaraan yang ada di belakangnya.

Memang tidak harus kencang sekali, tetapi kita berkendara di jalan raya harus mampu menyesuaikan rata-rata kecepatan pengendara yang lain.

3. Keluar dari gang tidak berhenti dan tidak menengok kiri & kanan
Keluar dari gang tidak berhenti dan tidak menengok kiri & kanan
Jika yang bersangkutan akan keluar gang tidak akan menjadi masalah. Hal inilah yang membuat khawatir terhadap pengguna jalan raya yang searah. Maka sebaiknya jika kita keluar dari gang harus berhenti dan menengok kiri dan kanan walaupun keadaan sepi. Konsekuensinya, jika anda tidak melakukan hal di atas, Nyawa anda, nyawa orang lain & kemulusan kendaraan anda dipertaruhkan.

4. Sign ke kanan malah belok kiri dulu
Sign ke kanan malah belok kiri dulu
Hal ini terjadi jika yang bersangkutan biasanya kan menyeberang dan membelok kekanan. Banyak kita jumpai pengendara yang telah menghidupkan sign ke kanan tetapi ia malah belok dulu ke kiri (walaupun mungkin tujuannya untuk melihat kiri dan kanan dulu) tetapi hal ini sangat membahayakan kedua belah pihak. 

Jika kita akan belok ke kanan sebaiknya 100 m sebelum belokan kita sudah ambil posisi ke kanan sedikit demi sedikit dan menghidupkan lampu sign, lalu kita berhenti di tengah jalan sambil menunggu lalulintas dari arah berlawanan. Walaupun kita tidak tengok belakang dulu dijamin deh, agan pasti aman.

5. Mengganti tutup Lampu depan & Stop lamp dengan warna bening Putih
Mengganti tutup Lampu depan & Stop lamp dengan warna bening Putih
Yang jelas akibat penggantian tutup stop lamp ini tidak pernah dirasakan oleh sang pemilik. Tetapi bagi pengendara yang ada di depan & belakangnya, hal ini sangat menyilaukan sekali, apalagi jika di malam hari.

6. Spatboard belakang yang dipotong
Spatboard belakang yang dipotong
Walaupun tidak membahayakan secara langsung bagi orang lain, tetapi hal ini sangat mengganggu pengendaraa yang ada di belakangnya. Hal ini dapat dirasakan pada saat hujan / gerimis, pengendara yang ada dibelakangnya akan terkena cipratan dari putaran roda belakang, sehingga sangat mengganggu. 

7. Menggunakan Ban yang bukan standarnya (Ban Kecil)
Menggunakan Ban yang bukan standarnya (Ban Kecil)
Ternyata Ini cukup bahaya. untuk berkendara di jalan yang kering, mungkin aman. tapi Bayangkan jika agan berkendara di jalan yang basah, licin atau berliku? tentunya Persentase kecelakaan jauh lebih besar karena ban kecil mempunyai Reaksi yang kecil terhadap gesekan, dan ban menjadi mudah Selip.

0 Response to "7 Hal Sumber Petaka di Jalan Raya yang tak Disadari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel