Berita Unik Terbaru, Musik, Film, Gadget, Selebritis dan Olahraga

Tuesday, June 17, 2014

5 Fakta di Pembuatan Film Hollywood yang Susah untuk Dipercaya

5 Fakta di Pembuatan Film Hollywood yang Susah untuk Dipercaya
Fakta tentang aktor atau tentang sutradaranya itu sudah terlalu biasa. Yang bikin menarik kalau ternyata sebuah proyek pembuatan film mencuatkan fakta yang unik.

Dibilang unik karena memang kamu tak bakal menyangka fakta tersebut ada. Sering penonton terlalu fokus dengan cerita dan penampilan para aktor dan aktris dalam ceritanya hingga meluputkan fakta unik dalam sebuah pembuatan film.

Oleh karenanya kami sudah mengumpulkan beberapa fakta mencengangkan dari proses pembuatan film. Bersiaplah tercengang karena fakta-fakta dalam pembuatan film ini sungguh mencengangkan dan tak kamu sangka,dikutip dari Kapanlagi:

1. Arsipnya Ternyata Banyak Hilang
Arsipnya Ternyata Banyak Hilang
Dunia perfilman Amerika Serikat termasuk salah satu perfilman dunia yang punya sejarah panjang dan pengarsipan yang lengkap. Sejarah membuktikan bahwa Amerika sudah memulai produksi film mereka di tahun 1912.

Dengan popularitas dan juga sejarah panjang perfilmannya tentu badan film Amerika Serikat mengarsip semua film yang pernah diproduksi oleh sineasnya. 

Namun tahukah kamu bahwa ternyata hampir 90 persen film yang diproduksi di bawah tahun 1929 hilang arsipnya. Badan film ternyata tak punya kopi dari film-film yang dimaksud. 

Itu berarti semua karya sineas di bawah tahun 1929 seperti lenyap di udara. Masyarakat Amerika tak akan bisa menikmati film-film lawas tersebut.

2. Ada Mafia Ikut Campur
Ada Mafia Ikut Campur
Pernah menonton film THE GODFATHER bukan Setiap yang menontonnya pastinya berdecak kagum dengan cerita dan juga teknis penggarapannya yang istimewa di zamannya.

Tak heran bila THE GODFATHER (1972) menjadi film terbaik Oscar. Sutradara Francis Ford Copolla dengan detil dan mendalam membawa kehidupan mafia ke dalam layar lebar. 

Herannya nih, dalam film yang dengan kental tokoh dan kehidupan mafia ini, tidak satu pun kata mafia terucap atau disertakan dalam filmnya. Apakah sang sutradara ingin agar film ini seperti itu 

Ternyata tidak. Alasan mengapa tidak ada kata mafia yang terucap dalam film adalah karena mafia yang sesungguhnya meminta Copolla untuk menggarapnya seperti itu. Mengerikan ya.

3. Untung Super Besar
Untung Super Besar
Taruhan deh, sineas studio besar mana pun pasti iri dengan keberhasilan Oren Peli. Bagaimana tidak karena dengan biaya yang sangat murah, film supranatural ini bisa sangat laris ditonton. 

Dari biaya pembuatannya yang hanya USD 15 ribu, Oren Peli dan Blumhouse Productions mampu meraup keuntungan sebanyak USD 193 juta. Ia mendapat laba yang jumlahnya 10 ribu kali biaya produksinya. 

Padahal jika ditilik dari teknik pembuatannya, film ini hanya menggunakan kamera sederhana dan juga beberapa aktor dan akris saja. Namun dengan penggunaan metode mockumentari, film ini seakan menghadirkan kisah nyata teror hantu di dalam rumah. 

Tak heran bila akhirnya film ini menjadi fenomena di banyak negara. Makin penonton ketakutan, Oren Peli makin senang.

4. Rahasia Bruce Lee
Rahasia Bruce Lee
Sebutkan satu aktor laga dunia yang kamu kenal! Pasti salah satu di antaranya adalah Bruce Lee. Aktor kelahiran China 27 November 1940 ini punya segudang aksi dalam film-filmnya yang membuatmu kagum. 

Tunggu dulu... kalau fakta ini kami beberkan niscaya kamu akan lebih kagum kepadanya. Dengan kecepatan geraknya di layar lebar, ternyata itu sudah versi lambatnya lho. 

Para sineas yang bekerja sama dengan Bruce memang sengaja mengatur agar adegan laga Bruce dalam versi filmnya terlihat lebih lambat dibanding apa yang diperagakan. Jika tidak maka gerakan Bruce di layar lebar akan terlihat sangat cepat dan akhirnya tak akan bisa dinikmati oleh penonton.

5. Lebih Mahal Mana?
Lebih Mahal Mana?
TITANIC (1997) garapan James Cameron menang besar di ajang Oscar dengan menyabet 11 piala termasuk sebagai Film Terbaik. Tak hanya itu, dari segi penjualan tiket, film ini juga meraup banyak dollar. Sebabnya apa lagi kalau bukan si tampan Leonardo DiCaprio yang menjadi bintangnya. 

Film dengan properti paling mahal ini dibuat dengan biaya sebesar USD 200 juta lho. Semua itu demi mendapatkan setting yang benar-benar mendekati kapal Titanic yang asli. Kalau kamu sudah menonton filmnya pasti tahu betapa kapal TITANIC yang ada dalam film benar-benar mirip dan megah. 

Dengan setting yang seperti itu tak heran dana pembuatan filmnya sendiri lebih mahal daripada dana pembuatan kapal Titanic di eranya dulu. Salut untuk James Cameron.

5 Fakta di Pembuatan Film Hollywood yang Susah untuk Dipercaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putra Tasik

0 comments:

Post a Comment